WORLDWIDE TOPICS

Sunday, March 29, 2009

Actress in Her Peak Performances!!!


'The Reader' 2008 Stephen Daldry
Mengagumkan itulah kata yang pas buat aktris kaliber Oscar Kate Winslet, segala kemampuan akting yang dicurahkannya di film ini mampu mencuri perhatian khalayak moviegoers termasuk memenangkan untuk pertama kalinya pada kategori BEST ACTRESS di Oscar 2009 setelah dinominasikan selama 6 kali & 2 GOLDEN GLOBE sekaligus kategori (Best Actress 'Revolutionary Road' + Best Supporting Actress 'The Reader'!!! Berperan sebagai Hanna Schmitz seorang kondektur tram yang terlibat cinta terlarang dengan anak SMU berumur 15 th. Rasa simpatik karena diperhatikanlah yang membuat Michael Berg muda (David Kross) merasa sayang & cinta pada Hanna mulanya perempuan asing berusia sekitar 30 th (2 kali lipatnya)! Mereka sangat menikmati hubungan intim yang telah berjalan tiap harinya, karena ada hubungan timbal balik si Michael membacakan cerita novel /dongeng untuk Hanna & setelahnya mereka ML. Suatu hari Hanna patah hati karena si Michael mulai menyukai gadis satu kelas sepantarannya. Akhirnya mereka dipertemukan pada situasi yang tidak mengenakkan dimana Hanna duduk dikursi terdakwa sbg pengikut Nazi, sementara Michael yang mengambil study hukum harus mengusut kasus Nazi. Hanna dengan sangat terpaksa & terjepit harus mengakui dia bersalah dan dijatuhi hukuman seumur hidup yang harus berakhir tragis krn dia bunuh diri setelah pertemuannya dgn michael dewasa (Ralph Fiennes) yang membahagiakan. Dia tidak tahu harus berbuat apa lagi selepas bebas dari penjara (amnesti = keringanan hukuman) sehingga memutuskan mengakhiri hidupnya. Setelah kejadian itu Michael dewasa membuka diri dengan curhat & menceritakan kepada seorang jubir apa yang telah terjadi padanya selama masa mudanya.

'Revolutionary Road' 2008 Sam Mendes
Satu lagi film jagoannya Kate Winslet di ajang Golden Globe yang disutradarai suaminya sndiri dipasangkan kembali dengan bintang-bintang Titanic seperti Leonardo DiCaprio & Kathy Bates. Layaknya reunian mereka tetap berperan dengan porsi diatas rata-rata! Kehidupan rumah tangga tak selamanya indah, itulah yang dialami pasangan muda Frank Wheeler (Leonardo) & April Wheeler (Kate) di kediaman mereka wilayah Revolutionary Road. Di usia pernikahan ke7 malah sering terjadi konflik yang memanas. Padahal mereka dikenal sebagai keluarga yang sempurna, bahagia yang memiliki 2 anak. Tapi nyatanya bom atom yang mereka simpan akhirnya meledak. Frank yang pekerja kantoran tidak pernah merasa puas & April seorang ibu rumah tangga yang gagal meraih impiannya menjadi aktris. Mereka sempat memutuskan pindah ke Paris kota impian yang mungkin dapat menyatukan mereka kembali, dengan pergantian tugas, April akan melamar pekerjaan sbg sekretaris & Frank menikmati waktu luangnya dengan menyalurkan inspirasinya. Namun, nyatanya semua rencana gagal total & hanya impian yang berujung April mengalami pendarahan hebat setelah tau dia hamil lagi dan menggugurkan kandungannya karena dia sempat terlibat affair dengan suami tetangganya.

'Rachel Getting Married' 2008 Jonathan Demme
Sungguh unbelievable, itulah Anne Hathaway (berhasil meraih nominasi Oscar pertamanya sbg Best Actress) seorang aktris cantik, bersahaja & jauh dari gosip bisa berperan total sebagai Kym, mantan junkie (pemakai narkoba) yang baru saja keluar dari panti rehab harus stres dengan keretakan rumah tangga keluarganya. Apalagi sang kakak Rachel (Rosemarie DeWitt) akan segera melangsungkan pernikahan dan dia terpilih sebagai pendamping pernikahan. Di tengah kebahagiaan mereka, satu persatu masalah keluarga mereka mencuat kembali. Diantaranya perceraian, kematian adik mereka & perjalanan Kym menuju penyembuhan dari narkoba. Kym masih bergejolak krn emosinya yang labil dan rapuh sebagai seorang anggota keluarga tak dianggap. Pengalaman kecelakaan disaat sedang kalut & stres lah yang membawa Kym pulang dengan wajah tak karuan, kusut, kucel, berdarah & tampak seperti gelandangan (sangat menyentuh & membuat bulu kuduk merinding). Dalam kebencian sang kakak yang mulanya mengira Kym adalah troublemaker, akhirnya dapat membuka hati dengan memandikan & mendandani Kym tepat dihari pernikahannya. Kym langsung melumer & sangat bahagia dengannya. Kym merasa menjadi orang yang berbeda & berguna saat itu. Orang2 disekelilingnya juga telah memaafkan &menerimanya kembali sebagai bagian keluarga yang utuh. Film ini sangat menarik karena mengangkat semua unsur budaya etnis seluruh dunia dan tidak membeda-bedakan SARA.

'Doubt' 2008 John Patrick Shanley
Film religi khusus umat khatolik ini sangat unik, berbeda, bikin penasaran & tidak membosankan. Jajaran pemeran jempolan yang semuanya masuk nominasi Oscar 2009 kemaren : Meryl Streep (Best Actress), Philip Seymour Hoffman (Best Supporting Actor), Amy Adams (Best Supporting Actress) & Viola Davis (Best Supporting Actress) ini sangat menjanjikan. Dengan mengangkat tema sepele seputar gereja disajikan dengan sangat berbobot. Seorang Romo bernama Father Brendan Flynn (Hoffman) disangka telah mencekoki bir anggur pada siswa tersayangnya bernama Miller. Pertarungan adu debat seru berlangsung antara Sister Aloysius (Streep) & Sister James (Adams) dengannya. Sister Aloysius sangat ambisius, perfeksionis & diktator sementara Sister Adams masih mudah terpengaruh tapi juga berperan penting dalam menyadarkan Sister Aloysius. Sementara ibu Miller (Viola Davis) yang kesemuanya berkulit hitam ditengah2 siswa kulit putih gereja merasa tersudut dengan pemberitaan anaknya telah menenggak anggur. Dia merasa bahwa bimbingan Father Flynn sudah benar & tak mempermasalahkan. Tapi sikap Sister Aloysius lah yang selalu menelisik segala sesuatu membuatnya berada diposisi tak mengenakkan. Pada akhirnya segala bantahan, bukti & hinaan tertuju kepada Father Flynn yang mengharuskannya mundur jabatan pendeta dan pindah ke gereja lain. Padahal semua itu tidak dilakukannya!!!

'Changeling' 2008 Clint Eastwood
Angelina Jolie aktris berbibir seksi yang meraih nominasi Oscar 2009 di film ini membuat semua orang akan penasaran dengan filmya, yang ternyata diluar dugaan ternyata menurutku nothing special, tapi tetap dengan porsi perannya yang cukup dominan. Alkisah seorang pekerja telegram Christine Collins (Jolie) yang menyadari anaknya telah diculik saat dia pergi dari rumah. Polisi menyidik kasusnya dan telah mempertemukannya dengan seorang yang sangat mirip dengan anaknya, padahal dia tahu itu bukan darah dagingnya. Pihak kepolisian tetap ngotot itulah anaknya yang bernama Walter Collins. Malah Christine dijebloskan ke rumah sakit jiwa gara2 dia disangka selalu berhalusinasi dan berimajinasi. Semua pihak tak percaya padanya. Padahal sebenarnya si anak telah terbunuh oleh penculik dan temannya yang berperawakan mirip menggantikan posisinya. Pada akhrinya pihak kepolisian mengungkap kasus tersebut setelah menelusuri bukti-bukti serta kesaksian Walter palsu yang bisa membebaskan Christine dari rumah sakit jiwa dan kembali menjalani kehidupan orang.

2 comments:

  1. wahhh,,,film yg d review apik2,,hehe.
    bagus! jd penasaran pengen buru2 ntn,,g mgkn masuk semarang tuh film2 itu. berarti hrs cari vcd asli nya. krn dvd asli mahal boss..ahaha

    ReplyDelete
  2. Ga mungkin bakal masuk di bioskop Semarang, lha wong diputer di Jakarta ajahh sukur!~!! Stay Tune yahh

    ReplyDelete