Tuesday, November 19, 2019

Hot Wave : Gelombang Panas di Indonesia

Tau gak sih peps, baru-baru ato belakangan ini kalian kerasa panas bingit kagak sech? Ya kan, enggak siang enggak malam hawanya panas banget bin gerah! Tiduran dilantai pun lantainya hangat, kenapa bisa gtu yah? Emang sih di Indonesia dan Semarang khususnya suhu panasnya naik sampe hampir 40 derajat Celcius! Padahal bulan November ini juga masih sering ada hujan kan ya, apakah ini efek erupsi Gunung Merapi yang terjadi lagi ato fenomena angin muson? Kalo saya kepo2 googling menurut BMKG begini penjelasannya : 

"Berdasarkan persebaran suhu panas yang dominan berada di selatan Khatulistiwa, hal ini erat kaitannya dengan gerak semu Matahari," kata Deputi Bidang Meteorologi R Mulyono R Prabowo.

Seperti diketahui pada bulan September, Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga Desember 2019.Seperti diketahui pada bulan September, Matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan Bumi selatan hingga Desember 2019.

Sehingga pada Oktober, posisi semu matahari akan berada di sekitar wilayah Indonesia bagian Selatan yaitu Sulawesi Selatan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara dan sebagainya.
Kondisi ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi di wilayah tersebut relatif menjadi lebih banyak, sehingga akan meningkatkan suhu udarapada siang hari.
Selain itu pantauan dalam dua hari terakhir, atmosfer di wilayah Indonesia bagian selatan relatif kering sehingga sangat menghambat pertumbuhan awan yang bisa berfungsi menghalangi panas terik matahari.
That's way guys panas yang begitu terik ini emang disebabkan karena posisi geografis Matahari ke Bumi dan kita yang berada di wilayah Selatan terkena imbas radiasi ini. Sampe kalo mo tidur aja buka baju karena keringetan parah, OMG! Semoga dengan hal ini kita makin aware sama lingkungan dan bumi kita, kalo bukan kita sendiri siapa lagi yang akan merawat dan menjaga bumi?!?

No comments:

Post a Comment